Iklan

Imba-Bobby Lolos, Ribuan Massa Histeris Terharu

Posted by jhon simbuang on Jumat, 20 November 2015

Boby: “Semua ini tak lepas dari doa saudara-saudara yang mendukung kami”
Manado, Identitasnews.com - Berdasarkan putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI nomor : 34/DKPP-PKE-IV/2015x Tanggal 12 November 2015 dan Pasal 25 peraturan KPU Nomor 25 Tahun 2013, tentang Penyelesaian Pelanggaran Administrasi Pemilu yang menyatakan bahwa untuk dugaan pelanggaran administrasi pemilu yang tidak terbukti diberikan rehabilitasi dan diumumkan kepada publik.
Maka KPU Kota Manado pada Kamis (19/11/2015) melaksanakan pleno dengan memutuskan bahwa keputusan KPU Kota Manado nomor : 237/Kpts/KPU-023/Pilwako/2015 tentang perubahan atas keputusan KPU Kota Manado nomor : 11/Kpts/KPU-Mdo-023/Pilwako/2015 tanggal 12 November 2015 tentang penetapan paslon Walikota dan wakil walikota Manado dinyatakan tidak berlaku dan rapat pleno KPU Kota menyatakan bahwa paslon walikota dan wakil walikota manado nomor urut dua atas nama JIMMY RIMBA ROGI dan BOBY DAUD yang diusung Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional dinyatakan memenuhi syarat sebagai paslon.
Ketua KPU Manado Eugenius Paransi bersama empat komisioner menandatangani pelolosan Imba-Boby sebagai pasangan. Rapat Pleno Penetapan kembali pasangan calon nomor urut 2. Kelima komisioner KPU Kota Manado yang menandatangani yaitu ketua Eugenius Paransi SH MH, Rommy Poli SH MH, Sunday Rompas‎ ST, Amrain Razak SSos dan Drs Jusuf Wowor MSi.
Drama pasca penanda tanganan itu, benar-benar tersaji pada gerak-gerik Ketua KPU Manado Eugenius Paransi. Pasalnya, sebelum menandatangani berita acara penetapan kembali Imba Boby sebagai calon, Paransi yang nota-bene masih manusia biasa mengaku alami dilemma antara rekom Bawaslu, tau mengikuti suara hatinya.
"Demi tegaknya demokrasi di Manado, saya putuskan Imba lolos,” beber dia sembari menghembuskan nafas berat yang sempat menyesakkan dada.

Putusan itu juga, lanjut Paransi tidak lepas dari keputusan DKPP yang memenangkan pihak KPU Kota Manado.
"Memang itu hanya etik, tapi mengispirasi kami untuk ambil keputusan ini sebab ada sangkut pautnya dengan penetapan," kata Ketua Paransi seraya menambahkan yang mana Bawaslu tidak memberikan jalan keluar bagi Boby Daud. Saya menganggap kondisi itu tidak sehat bagi demokrasi karena memasung hak konstitusional partai Golkar. Dari 269 Pilkada, Golkar jadi peserta, hingga kami ambil keputusan merubah kembali," sebut Paransi.
Ditanya apakah perkara Imba bakal di take over, Paransi mengaku tidak tahu. Malahan KPU Manado, kata Paransi lagi, akan segera mencetak surat suara berisi empat calon "Saya mengalir saja, yang penting saya sudah lakukan kewajiban saya. Dengan keputusan ini, saya merasa tidak ada lagi dilematis dalam hari-hari saya,” pungkasnya.
Sementara itu, Calon Walikota Jimmy Rimba Rogi (Imba) melalui Boby Daud sang Calon Wakil Walikota Manado saat dimintai tanggapan tentang pengabulan pasangan mereka tuk maju Pilwako, sempat mengusap butiran bening dimatanya.
Setelah beberapa saat mengatur nafas mengimbangi isak tangis harunya, Boby mengaku sangat terharu. Namun dirinya menganggap, semua ini terjadi tak lepas dari doa para pendukung.

“Allahu Akbar, Puji TUHAN… Ini saja kata yang saya dan Pak Imba mampu katakan. Kami yakin yang mana semua ini tak lepas dari doa saudara-saudara yang mendukung kami. Ini semua demi kebahagiaan masyarakat Kota Manado, sebab Pak imba dan saya adalah bagian dari kalian semua,” tandas Boby yang kembali menahan isak tangis kebahagiaannya.(Meikel/Ficky)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

02.15.00

0 komentar:

Posting Komentar