HUT SHS
Headlines News :
Home » » Hut Minut ke-12, Ratusan Jenis Penganan Hiasi Puluhan Stan Festival Pangan Non Beras

Hut Minut ke-12, Ratusan Jenis Penganan Hiasi Puluhan Stan Festival Pangan Non Beras

Written By jhon simbuang on Sabtu, 21 November 2015 | 11.37.00

SOMPIE DAN SOEMITRO MINUM "SAGUER PAKE SOKE


Airmadidi,Identitasnews.com - Bupati Minahasa utara Drs. Sompie SF Singal MBA secara resmi membuka iven bertajuk Festival Pangan Non Beras yang berlangsung di Airmadidi depan Kampus Ubklab,Kamis (19/11) lalu.
Festival bertajuk nasional itu, dihadiri juga Meneteri Pariwisata yang diwakili oleh Deputi Dirjen, Fransisca Nina Soemitro dan beberapa staf-nya dari Jakarta.

Turut mendampingi bupati, antara lain, Kadisbudpar bersama Ketua TP PKK Minut Ny Altje Singal-Polii dan sekda Minut Sandra Moniaga Msi, Kabag Humas –Protokoler Minut Drs. Sem Tirayoh dan beberapa jajaran Pemda lainnya.

Diantara puluhan peserta lainnya, hadir pula ibu-ibu yang tergabung dalam Persit Bitung ikut serta mempromosikan kue khas Minut dan Ikan kaleng Bitung, dibawah pimpinan Ny. Rofik Yusuf, yang tak lain adalah istri dari Dandim 1310 Bitung - Minut.

Dalam sambutannya,Bupati sangat mengapresiasi kegiatan yang di gelar Dinas Pariwisata Minut bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata RI ini.
"Kegiatan seperti ini harus terus di kembangkan karena kabupaten Minahasa Utara memiliki banyak kue tradisional," ujar bupati.
Sompie berharap masyarakat dapat menyaksikan iven ini sekaligus membeli kue tradisional khas Minut. “Jangan sia-siakan kekayaan alam yang sudah Tuhan berikan untuk kita, banyak sekali jenis penganan ringan (kue) yang masih dapat kita buat ditunjang oleh bahan-bahan ramuan yang bisa kita temukan di alam Minahasa Utara tercinta ini,” ajaknya.

Kue khas Minut yang di tampilkan berasal dari pelbagai desa yang ada di Minut termasuk beberapa perusahan seperti PT Dimembe Nyiur Agripro yang memproduksi Tepung Kelapa yang sudah di ekspor ke Australia,Belanda,inggris dan Amerika.

Sementara itu,Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Minut Dra Femmy Pangkerego Mpd ME menjelaskan, festival yang berlangsung hingga hari ini (Jumat 20/11) dalam rangka HUT ke- 12 Kabupaten Minahasa Utara ini,meliputi pameran Kuliner,kesenian tradisional,group band dan penyanyi dengan bintang tamu Budi Doremi.
“Selain membuktikan diri sebagai masyarakat yang mencintai tanah-airnya, festival ini juga me-nasionalkan sajian kuliner kita ke dunia luar,” katanya seraya menambahkan yang mana dalam festival ini juga ada penilaian khusus. “Lomba stan yang dinilai adalah kreatifitas dari penyaji. Tujuannya adalah nembangkitkan gairah masyarakat untuk berkreasi”.

Usai membuka iven ini Bupati, Deputi Dirjen Pariwisata Fransisca Nina Soemitro, Kadisbudpar bersama Ketua TP PKK Minut Ny Altje Singal-Polii dan sekda Minut Sandra Moniaga Msi, minum saguer dengan menggunakan bamboo (SOKE)  di salah satu stand.(ADVERTORIAL/Adhit)


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD