HUT SHS
Headlines News :
Home » » Survei IPC : OLLY - STEVEN Unggul 44.62 % Menang Telak di 13 Kabupaten/Kota

Survei IPC : OLLY - STEVEN Unggul 44.62 % Menang Telak di 13 Kabupaten/Kota

Written By jhon simbuang on Minggu, 11 Oktober 2015 | 17.20.00

Mewengkang; ”Kualitas personal figur Olly Dondokambey dan Steven O. Kandouw menjadi faktor penunjang lainnya”

Manado, Identitasnews.com - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey,SE dan Drs. Steven O. Kandouw, berpeluang besar memenangkan Pemilukada di Sulawesi Utara.
Pasalnya pasangan No. 1 yang diusung PDI-Perjuangan bersama PAN dan Partai Nasdem ini memiliki elektabilitas tertinggi, berdasarkan hasil survei Indoresearch Public Care (IPC), Lembaga Survei Independen berkelas nasional yang berkantor pusat di Rukan Graha Permata Pancoran Kav A Jakarta.
“Kami sudah beberapa kali melakukan survei untuk Pemilukada 2015 di tingkat Provinsi Sulawesi Utara. Pertama, pasca pendaftaran di KPUD, kemudian pasca penetapan dua pasangan calon dan survei terkini terhadap tiga pasangan calon yang resmi ditetapkan KPUD Sulut, kata Direktur Riset dan Operasional IPC, DR. Afendy A. Nugroho, didampingi Stanly F. Mewengkang, Koordinator Regional IPC Sulawesi Utara, pada Sabtu (10/10) siang tadi, usai Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Survei Pemilukada se-Sulawesi Utara, di sebuah Hotel di bilangan Jalan Boulevard Manado.
Survei terakhir yang kami lakukan sejak bulan September hingga Oktober 2015 ini, cara penarikan dan pengambilan sampel menggunakan metode standar teknik multistage random sampling. Berhubung ini di tingkat Provinsi, maka kami mengambil sampel berjumlah 5.316 responden, tersebar di 15 Kabupaten/Kota, 167 Kecamatan dan 1.772 Desa/Kelurahan se-Provinsi Sulawesi Utara. Dan berdasarkan jumlah sampel ini, kami perkirakan margin of eror sebesar ± 1.5 % pada tingkat kepercayaan 95 %, ungkap Stanly F. Mewengkang, Koordinator Regional IPC Sulawesi Utara.
Hasil survei Pemilukada tingkat Provinsi Sulawesi Utara kali ini, lanjut Mewengkang, menempatkan pasangan calon nomor.
1, Olly Dondokambey dan Steven O. Kandouw, teratas meraih dukungan 44.62 % responden dan memiliki elektabilitas tertinggi di tiga belas Kabupaten/Kota. Pada posisi
2.  pasangan calon no. 3, Benny J. Mamoto dan David Bobihoe Akib, yang memperoleh dukungan 30.25 % responden dan menguasai dua Kabupaten.
3. Di posisi terakhir, pasangan calon no. 2, Maya O. Rumantir dan Glenny Kairupan dengan dukungan 22.05 % responden. Sementara yang belum menentukan sikap dan pilihan, hanya tersisa 3.08 % responden.
Lebih lanjut Mewengkang menuturkan, Olly-Steven menang telak hasil survei di 13 Kabupaten/Kota, fakta ini bisa menjadi gambaran bahwa program dan Visi-Misi yang disosialisasikan pasangan no. 1 ini lebih mudah diterima dan dicerna, bahkan mungkin lebih dipercaya menjadi harapan masyarakat Sulawesi Utara, bila mereka terpilih nanti.
”Sedangkan kualitas personal figur Olly Dondokambey dan Steven O. Kandouw menjadi faktor penunjang lainnya. Mereka dipilih dalam hubungannya dengan persepsi bahwa bisa dipercaya / jujur, perhatian atau peduli pada rakyat, dan mampu memimpin (terbukti hingga saat ini Olly tercatat sebagai Anggota DPR-RI selama 2 periode dan begitu pun dengan Steven sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, selama 2 periode). Mengacu pada hasil survei terkini, jika pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, berlangsung hari ini, maka hanya faktor ‘Tsunami Politik’ yang bisa mengalahkan Olly-Steven. Meskipun, fakta survei ini bukanlah hasil final Pemilukada Provinsi Sulawesi Utara, namun dengan adanya respon publik yang terus-menerus memperhatikan gerak-gerik dan aktivitas sosialisasi ketiga pasangan calon tersebut, maka dapat dipastikan telah menjadi parameter serta indikator bagi para pemilih dalam menentukan sikap dan pilihannya. Kunci meraih kemenangan, tentunya, semua kembali ke kesiapan diri dari masing-masing calon tersebut, ”pungkasnya.(Meikel)


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD