HUT SHS
Headlines News :
Home » » Survei Identitasnews.com: Pas-lon VAP-Jo Masih Diatas Angin, SDM Menguntit, BARATA Patut Diperhitungkan,PILAR Masih Laten

Survei Identitasnews.com: Pas-lon VAP-Jo Masih Diatas Angin, SDM Menguntit, BARATA Patut Diperhitungkan,PILAR Masih Laten

Written By jhon simbuang on Senin, 26 Oktober 2015 | 13.41.00


Airmadidi, Identitasnews.com .-  Memasuki hari-hari terakhir di Bulan Oktober 2015, khusus untuk Pemilukada Minahasa Utara, dari 10 kecamatan dan 220 desa-kelurahan,  tim Lipsus dan pencari fakta Media Online www.identitasnews.com   mengakumulasi sensus melalui perbandingan 2.200/220, tertanggal 19-26 Oktober 2015, dengan perkiraan margin of eror  sekitar 15 % pada tingkat kepercayaan 60 %.
Media kami adalah media independent yang tidak ada kepentingan dan tendensi dalam pemberitaan. Boleh percya, boleh tidak, memasuki Minggu (25/10) elektabilitas pasangan  Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara, VONNIE ANEKE PANAMBUNAN-JOPPI LENGKONG (VAP-JO) dengan Nomor Urut  2, masih bertengger pada posisi teratas dengan prosentasi pendukung kurang lebih 35,2%. Grafis ini awalnya berada pada tingkat 20% saja, namun setelah dalam kampanye terakhir salah satu pas-lon menebar informasi yang mana VAP-JO sudah bangkrut, latar belakang rumah tangga VAP di isukan tidak jelas, dan yang terakhir beredar isu bahwa ratusan sepeda motor yang dibawa VAP untuk para tim sukses telah ditarik dealer karena VAP sudah bangkrut dan tak melunasi, ternyata rentan pada simpati dan empati masyarakat Minut.
Isu dan pembusukan yang berniat menjatuhkan nama baik VAP-JO, ternyata berubah menjadi boomerang bagi pas-lon lain. M,asyarakat yang dikira akan terpancing dan membenarkan isu-isu itu, malahan menaruh iba terhadap VAP. Alhasil, 15,2% angka, hinggap pada pas-lon ini.
Diposisi rangking berikut, Pasangan SOMPIE SINGAL-PEGGIE MEKEL (SDM) masih menguntit dengan raihan pendukung 26,1% (naik 2% dari survey sebelumnya). Itupun hanya karena beredar info yang mana relawan SDM, membagi-bagi beras gratis dan pada masyarakat. Minimnya pendukung SDM, sesuai data dan info yang kami temukan di lapangan, ternyata berasal dari adanya dua (2) kubu pendukung Partai PDI-P DPC Minut. Sampai hari ini, Kubu SDM hanya didukung 55,5% PAC Paartai berlambang Banteng itu. Sedangkan 45% pendukung  lainnya justeru memilih mendukung tiga (3) paslon lain gara-gara ada dualism e kepemimpinan DPC.
Seperti kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu, pentolan PDI-P DPC Minut yang awalnya dipegang Ir. Johan Mandagi, karena kebijakan internal partai, ternyata telah berpindah tangan kepada Denny Lolong. Padahal elektabilitas seorang Johan Mandagi sangat dicintai para pengurus partai. Sementara Ir. Johan Mandagi saat ditemui, enggan berkomentar. Menurut Mandagi, hal itu ia kurang tahu sebab dirinya tidak pernah mengatur PAC PDI-P untuk mendukung pas-lon manapun. “Itu hak mereka, dan siapa saja calon yang mereka dukung itu adalah hak mereka. Yang pasti, jika pas-lon itu komit untuk meminta dukungan mereka, maka mengingat jasa mereka, pas-lon harus fleksibel memahami kebutuhan mereka,” kata pria yang akrab disapa Ene itu.
Di posisi tiga (3) terdapat Pasangan Calon (Pas-Lon)  YULISA BARAMULI PATRICE TAMENGKEL (BARATA), Nomor Urut  4 dengan raihan dukungan sekitar  (24,6%) suara. Raihan suara ini sudah terhitung  dengan PNS/ASN dan keluarga mereka. Satu hal menarik, paslon SDM dan BARATA adalah incumbent. Tapi kelebihan dari BARATA adalah,  kalau SDM yang incumbent hanya SOMPIE S F SINGAL, sedangkan BARATA, baik YULISA BARAMULI maupun PATRICE TAMENGKEL, keduanya tergolong incumbent karena YULISA adalah Wakil Bupati, sedangkan TAMENGKEL  mantan Asisten II. Dan inilah factor yang membuat pasangan BARATA unggul dalam dukungan suara ASN/PNS.
Di peringkat 4 (4) atau urutan terakhir, justeru dihuni pasangan Petrus J. Luntungan dan Adol L. Longdong (PILAR) dengan dukungan (12.2%).
Adapun sisa pendukung lainnya, masih berada di posisi sungkan atau belum mau menentukan dukungannya, sebab  sesuai informasi terbaru, ada banyak pendukung pas-lon yang menerpkan strategi politik dua (2) kaki alias dukung dua pas-lon.(MEIKEL)




Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD