Iklan

Prihatin Nasib Gunung Klabat, Danrem 131 Santiago Turun Langsung ke Lokasi Kebakaran

Posted by jhon simbuang on Senin, 19 Oktober 2015

Minut,Identitasnews.com - Aksi heroic dan peduli nasib Kabupaten Minahasa Utara ditunjukan Komandan Korem (DANREM) 131 Santiago Brigadir Jendral TNI Sulaiman Agusto pada Minggu (18/10), pukul 23:00 witta.


Tak tanggung-tanggung, bersama koramil, babinsa distrik terkait, Agusto yang berpenampilan sederhana dengan setelan jaket hitam dipadu dengan kaos krag ungu dan celana jeans, turun langsung ke area kebakaran Gunung Klabat Desa Klabat, Kecamatan Dimembe Minut mempipin kurang lebih 125 anggota TNI bahu – membahu dengan masytarakat, melakukan pemadaman di gunung dan desa keramat masyarakat Minut itu.

Kepada identitasnews.com Brigadir Jendral TNI Sulaiman Agusto menghimbau agar masyarakat jangan lagi membakar hutan dibawah Gunung Klabat, mengingat musim kemarau yang panjang dan membawa resiko yang sangat besar.
"Masyarakat yang punya lahan di kaki Klabat jangan membakar lahan di musim kemarau ini atau yang tidak sengaja mungkin mau ke kebun bagi mereka yang merokok jangan membuang sembarangan tempat agar dapat menghindari adanya Api pemicu kebakaran seperti sekarang ini, " katanya.
Seperti kejadian sore tadi, lanjut Danrem, pihaknya menerima laporan yang mana telah terjadi kebakaran disekitaran Gunung Klabat. "Kami dapat laporan pada pukul 17:30 Wita bahwa ada Kebakaran di sekitar Gunung Klabat,” beber perwira yang tegas namun santun itu.

Sesuai pantauan di lapangan, pihak Danrem 131 Santiago yang didukung penuh oleh Kodim 1310 Minut –Bitung, tidak setengah hati dalam mengawal keamanan di lokasi tersebut. Ratusan personil TNI yang dipimpin langsung sang Danrem, ternyata sudah sampai di punggung gunung Klabat, dbawah komando Dandim 1310, Letkol Inf Rofiq Yusuf.
“Saya mengerahkan pasukan 1'SSP dari 712 dan 1 SSK dari koramil dan sekarang menuju sasaran walaupun kelihatannya harus memutar mengambil rute yang lebih baik." jelas Danrem Agusto
Kejadian yang sama kata Danrem, di Gorontalo tadi itu sudah ada pelaku pembakaran hutan yang di tangkap Kodim, karena membakar lahannya. “Oleh kodim, oknum itu di serahkan kepada polres. Apinya cukup besar dan aparat harus menempuh perjalan selama 5 jam,"ujar Danrem.
(DANREM) 131 Santiago Brigadir Jendral TNI Sulaiman Agusto juga menghimbau agar siapa saja yang berkaitan dengan hutan dan Gunung Klabat, sebaiknya lebih peka terhadap keselamatan lingkungan.
“Untuk siapa saja, mari kita lebih mencintai lingkungan dan hutan. Kepada pendaki baik para mahasiwa yang sedang melakukan Camping atau mungkin dari perwakilan TNI dan POLRI yang sedang latihan di areal gunung Klabat, agar dengan saksama memperhatikan semaksimal mungkin untuk tidak menggunakan api, karena musim kemarau ini api cepat sekali menyebar. Apa lagi bagi mereka yang merokok dan buang apinya di sembarang tempat dapat memicu api yang cepat merambat dan melalap daerah sekitarnya,” harapnya.

Danrem 131 Santiago juga mengatakan yang mana pada hari ini pihaknya turun dengan peralatan sederhana saja ke lokasi. Sekitar 75 personil dari SSK (Satuan Setingkat Kompi), dengan keterbatasan dalam peralatan, kami hanya membawa tongkat dan kayu untuk melokalisir terjadinya pelebaran kebakaran,” pungkas Jenderal ber-bintang satu itu.
Kepedulian pihak Korem 131 Santiago terhadap nasib Gunung Klabat di Kabupaten Minahasa Utara itu, menuai empati dari masyarakat Minut.
Junius Mandagi selaku tokoh adat Tanah Tonseakepada media ini mengaku sangat terharu atas kepedulian Danrem tersebut.
Namun dirinya menyesalkan, sebaiknya pihak pemerintah setempat, tidak ada upaya – upaya positif, untuk mencegah menjalarnya api yang sudah nyaris mencapai puncak Gunung Klabat itu.

“Bukan main ya pemerintah kita di Minut, Pak Danrem 131 Santiago yang datrang jauh dari Manado, begitu prihatin dengan nasib gunung kita ini, tapi sebaliknya kita lihat saja,  sampai hari ini, hamper tidak ada pejabat Minut yang turut berpartisipasi mendampingi para relawan untuk memadamklan api itu. Dimana semua pemerintah kabupaten kita ini,” semburnya.(ADIT/FICKY)




Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

04.07.00

1 komentar:

  1. I am Hwa Jurong, a Private Money Lender do you need a loan to start up business or to pay your bills and a corporate financial for real estate and any kinds of business financing. I also offer Loans to individuals,Firms and corporate bodies at 2% interest rate. I give out loan to serious minded people that are interested of loan if interested contact this email: hwajurong382@yahoo.com or hwajurong12@gmail.com

    BalasHapus