HUT SHS
Headlines News :
Home » » Kementrian Kelautan dan Perikanan Gelar FGD

Kementrian Kelautan dan Perikanan Gelar FGD

Written By jhon simbuang on Jumat, 02 Oktober 2015 | 12.15.00

Rumuskan Kebijakan dan Strategi Pengembangan Pulau Terluar
Talaud, Identitasnews - Dalam­ rangka merumuskan kebijakan dan strategi pengembangan pulau kecil terluar, maka pemerintah pusat melalui kementrian kelautan dan perikanan republik Indonesia menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang bertajuk penyusunan rencana Zonasi serta master-plan pulau-pulau terluar (PPKT) di Pulau Miangas, Marampit dan Kakorotan di Kabupaten Kepulauan Talaud. Kegiatan berlangsung di Aula BKDD, Selasa (29/9) kemarin.
Direktur Tata Ruang Laut, Pesisir dan Pulau Kecil Kementrian Kelautan dan Perikanan (Dir TRL-P2KMKP), DR Krisna Samudra M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa kawasan kelautan dan perikanan yang terintegrasi adalah konsep pembangunan kelautan dan perikanan berbasis wilayah dengan pendekatan dan sistem manajemen kawasan dengan prinsip integrasi,efisiensi,­ kualitas dan akselerasi tinggi dengan tetap berpedoman pada UU Nomor 27 Tahun 2007, sebagaimana telah dirubah terakhir menjadi UU no 1 Tahun 2014 yang mengatur tentang pengelolaan pulau pulau kecil terluar.
"Dalam pemaparan serta penjelasan UU no 1 tersebut, daerah akan mengalami kesulitan dalam hal memberikan izin dalam pengelolaan potensi kelautan dan pesisir apabila tidak masuk dalam rencana zonasi dan masterplan tersebut," ujar Samudra.
FGD tersebut selain di hadiri oleh tim Kementrian KDP, juga turut dihadiri oleh perwakilan dari PT Sucofindo, Agus Permadi sebagai Manager, DKP provinsi Sulut,Forkopimda, Kadis DKP Talaud DR Jetty Pulu, seluruh pejabat tinggi pratama dilingkup pemda Talaud, kepala desa di kecamatan Miangas dan Nanusa serta perwakilan dari toko agama dan toko masyarakat.
Sementara itu, Bupati Kepulauan Talaud, Sri Wahyumi Maria Manalip usai membuka dialog tersebut, sangat mengapresiasi adanya FGD yang membahas mengenai pulau-pulau terluar karena ini berimplikasi pada kondisi pembangunan di Kabupaten Kepulauan Talaud yang notabenya merupakan wilayah perbatasan.

"Kepedulian dari pemerintah pusat lewat Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP-RI), semakin tampak nyata. Ini terlihat dari kedatangan Ibu Susi Pudjiastuti sebagai Mentri KDP dalam menghadiri hajatan budaya sekaligus eko wisata bahari Mane'e yang saat ini sudah dikenal di seantero Nusantara, "ujar Manalip.(Onal)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD