Iklan

Gunung Klabat Masih Bernyala, Sambouw dan Relawan Vap-Jo Turunkan Logistik

Posted by jhon simbuang on Senin, 26 Oktober 2015

Airmadidi, Identitasnews.com - Noch Sambouw bersama Ir. Joppi Lengkong salah satu calon wakil Bupati Minut turun langsung di lokasi posko penanggulangan kebakaran Gunung Klabat, untuk membantu para relawan dalam upaya pemadaman yang cukup sulit itu.



Relawan VAP-JO tanpa di komando, langsung memarkir satu unit mobil pick-up, kemudian menyerahkan bantuan makanan instan berupa roti, biskuit, sembako dan air mineral yang langsung diterima oleh Dandim 1310 Bitung Letkol Infantri Rofiq Yusuf selaku ketua posko Jumat (23/10) di lahan Lapangan Tembak Zipur Kelurahan Airmadidi Atas.
“Bantuan bahan makanan seperti ini untuk para relawan, sangat membantu sebab mereka disini saat mendaki gunung, tenaganya sangat terkuras mengingat tinggi dan jauhnya jarak tempuh ke titik-titik api datasa sana,” tutur Dandim.


Selain DANDIM 1310 dan ratusan personil TNI serta relawan lainnya, turut hadir juga Ditempat yang sama, Kapolres Minut AKBP Eko Irianto mengatakan, api semakin menjadi jadi karena kayu yang menyala ditambah tiupan angin juga Kapolres Minut AKBP Eko Irianto dan jajarannya.
Penyebab kebakaran sesuai hasil investigasi pihaknya, memurut Kpaolres, api semakin menjadi- jadi karena kayu yang menyala ditambah tiupan angin juga. “Makanya potrnsi menyala terus tercipta sewaktu-waktu,” bebernya.

Menurut Noch Sambouw relawan VAP-JO,  sebagai masyarakat Minahasa Utara seharusnya masyarakat prihatin dengan keadaan Gunung Klabat yang menjadi kebanggaan orang Minut yang saat ini sudah sekitar 60 persen terbakar.
“Kebakaran Bukit Toka dan Gunung Klabat ini, jika sejak awal di antisipasi dan disikapi lebih serius, tidak akan separah ini,” kata Sambouw.

Rasa kepudian Relawan VAP-JO yang ditunjukkan secara langsung, ternyata bak dayung tersambut. Pasalnya, dari relawan VAP-JO yang turun langsung ke posko, ternyata ada juga  oleh ormas adat Minahasa,  LSM WARANEY PUSER IN TANA TOAR – LUMIMUUT, dengan hadirnya Waketum Stenny Palantung serta aktifis muda Yuni Koagow.
“Kebeutlan Pak Joppi Lengkong begitu peduli dengan nasib hutan dan Gunung Klabat, maka kamipun tertarik untuk turut bersama mengambil sikap perduli terhadab nasib Bumi Malesung ini,” tegas Stenly Palantung.

Ir. Joppi Lengkong selaku Ketua PMI yang sejak kehadirannya hanya diam mendampingi para relawan VAP-JO kepada www.identitasnews.com, mengatakan hutan Gunung Klabat merupakan area yang menyimpan sumber air utama dari sebagian besar kehidupan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara.
“Kalau hutan itu sudah terbakar dan jika api tidak bisa padam maka bencana kekeringan akan melanda sebagian besar wilayah kabupaten minahasa Utara,” katanya.


Sebagai mantan Kepala Dinas Kehutanan yang paling tahu keadaan hutan di Minut, Ir.Joppi Lengkong menyesalkan sikap pemerintah yang tidak maksimal dalam menyelamatkan hutan di Gunung Klabat.  “Jika pemerintah lebih memperhatikan dan mengambil langkah-langkah strategis memadamkan api, saya yakin keadaan tidak akan separah ini,” ujarnya.

Sebenarnya jika pemerintah serius, cara yang sangat efisien adalah mengajak masyarakat Minahasa Utara dari tiap kampung mengutus relawan.
“Misalnya setiap kampung mengutus 50 orang atau lebih untuk membantu memadamkan api. Kalau setiap hari ada 6 kampung bergantian yang mengirimkan relawan, berarti setiap hari sudah ada 300 relawan dari desa ditambah dengan tim TNI / Polri. Itu akan mempercepat proses pemadaman api tersebut,” tukas Lengkong.


Lanjutnya, selain Aparat TNI yang selalu siaga dibawah pimpinan DANDIM 1310 Minut-Bitung, Kapolres Minut juga mengutus 234 personil bersiaga untuk menjaga api di Gunung Klabat yang semakin melebar.
“Demi nasib generasi penerus kita kedepan nanti, saya mengajak, marilah kita masyarakat Minahasa Utara turut ambil bagian berperan serta dalam mempertahankan hutan di Gunung Klabat untuk memadamkan api yang sampai saat ini masih berkobar supaya tidak melebar, dan panorama indah Gunung Klabat nantinya jangan hanya tinggal kenangan saja,” tandas Lengkong.(ADIT/FICKY)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

00.28.00

0 komentar:

Posting Komentar