Iklan

Dewan Adat Talaud Gelar Dialog Budaya

Posted by jhon simbuang on Sabtu, 24 Oktober 2015

Talaud, Identitasnews.com - Dalam mengantisipasi fenomena social yang terjadi di Kabupaten Talaud imbas dari kemaru berkepanjangan yang saat ini telah menjadi semacam bencana disikapi secara arif oleh para Pentua Adat Kabupaten Talaud yang berdiam dari Tinonda sampai Napombaru (Luas Talaud red-), dengan menggelar dialog budaya disertai ungkapan syukur dan permohonan kepada Tuhan agar daerah ini terjauh dari musibah yang berkepanjagan seperti yang telah terjadi saat ini.
Ketua Dewan Adat Kabupaten Talaud, Isak Tamaroba ketika disambangi Identitasnews.com di pendopo Rudis Bupati Talaud kemarin (21/10), pria yang kesehariannya sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memaparkan bahwa fenomena alam seperti ini memang harus disikapi secara arif oleh para tokoh adat, mengingat daerah ini masih menghargai nilai luhur budaya dan kearifan lokal dalam satu tatanan kemasyarakatan.
“Sebagai orang yang dituakan dan diberikan amanah serta tanggung jawab sebagai Ketua Dewan Adat maka saya wajib mendengar dan memahami masukan dari pentua adat lain agar dapat menyikapi berbagai persoalan di daerah secara bijak dengan berpedoman pada tradisi leluhur yang sampai kini masih membudaya, sehingga perlu dibangun komunikasi dan persamaan persepsi antara sesama pentua adat dalam menyikapi berbagai persoalan social yang kini melilit masyarakat Talaud,” ujar pria yang dikenal santun dengan awak media.

Sementara itu tampak Wakil Bupati Talaud Petrus Simon Tuange yang mewakili Bupati Ibu Sri Wahyumi Maria manalip SE, serta unsur Forkopimda berbaur dan akrab dengan seluruh peserta yang hadir.
Dalam kesempatan yang sama Petrus Simon Tuange saan menguraikan sambutan Bupati, memberiakan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Dewan Adat yang telah menunjukkan sumbangsih, pemikiran dan kepedulian terhadap berbagai aspek nilai pembangunan yang ada di Tanah Porodisa (sebutan lain dari Talaud-red).(Onal)


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

14.09.00

1 komentar:

  1. I am Hwa Jurong, a Private Money Lender do you need a loan to start up business or to pay your bills and a corporate financial for real estate and any kinds of business financing. I also offer Loans to individuals,Firms and corporate bodies at 2% interest rate. I give out loan to serious minded people that are interested of loan if interested contact this email: hwajurong382@yahoo.com or hwajurong12@gmail.com

    BalasHapus