Iklan

Berantas Kumpul Kebo, Pemda Lakukan Nikah Masal

Posted by jhon simbuang on Kamis, 20 Agustus 2015

Talaud, Identitasnews.com - Dugaan banyaknya warga Talaud yang telah tinggal serumah tanpa ikatan perkawinan alias kumpul kebo mulai meresahkan. Menurut Yohanes Winowoda tokoh masyarakat Talaud, prilaku tersebut jika tidak segera ditertibkan akan merusak tatanan kehidupan berbudaya di daerah ini.

“Dugaan banyaknya warga Talaud yang kumpul kebo bukan isapan jempol belaka. Melainkan suatu kenyataan yang harus segera ditindaklanjuti agar tidak membawa dampak negatif buat generasi muda, ”ujar Winowoda.

Lanjut Winowoda, kumpul kebo bukan hanya pada orang muda. Namun ada juga yang sudah tua.

 “Kumpul kebo ini seperti virus. Bukan saja menyerang yang berusia muda. Tetapi yang sudah tua juga ada yang kumpul kebo. Sebab itu, diharapkan pemerintah segera mengambil sikap tegas terkait hal ini agar tidak bertambah parah dan akhirnya sulit dikendalikan,” tegasnya.

Menanggapi imbauan Yohanes Winowoda, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jenny Pusungulaa mengatakan jika dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan kawin masal.

“Dugaan tersebut telah kami dengar. Dan memang tidak bisa dipungkiri jika ada masyarakat yang kumpul kebo. Sebagai langkah penanganan, dalam waktu dekat kami akan melakuan kawin masal,” ujar Pusungulaa.

Menurutnya, yang menjadi faktor terjadinya kumpul kebo ada banyak faktor. Salah satunya soal finansial.


 “Faktor finansial sangat berperan bagi masyarakat yang kumpul kebo. Sebab walaupun untuk mengurus administrasi kependudukan tidak dipungut biaya, tapi ada yang gengsi jika tidak menggelar pesta. Dan akhirnya terjadilah kumpul kebo,” kunci Pusungulaa. (Onal)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

23.58.00

0 komentar:

Posting Komentar