Iklan

Sejak 1 Juli 2015 Pekerja Swasta Berhak mendapat Dana Pensiun

Posted by Efraim Lengkong on Kamis, 02 Juli 2015

Harry Agung Cahya 
Manado, Identitasnews – Kabar gembira bagi karyawan swasta yang bekerja di perusahaan.  Karena terhitung 1 Juli 2015, karyawan swasta berhak untuk mendapatkan dana pensiun.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Sulut Harry Agung Cahya pada Rabu siang (1/7) di ruang kerjanya di Jl. 17 Agustus Manado.

Harry Agung Cahya menjelaskan hal ini sesuai dengan diatur dalam Undang-Undang  RI Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara jaminan Sosial (BPJS). 

“Dalam UU tersebut diatur paling lambat 1 Juli 2015, BPJ S Ketenagakerjaan sudah harus menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan hari tua, program jaminan pensiun dan program jaminan kematian bagi peserta.

Menurut Harry, sektor swasta wajib mendaftarkan perusahaan dengan skala sedang dan besar agar karyawannya diikutkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

“Khusus dana pensiun atau Jaminan Pensiun, kepada para pekerja dikenakan iuran wajib sebesar 8 persen dengan komposisi yang ditawarkan pemerintah adalah 3 persen dari pekerja dan 5 persen ditanggung oleh perusahaan,” ujar Harry.

Harry mengungkapkan hingga 30 Juni 2015 di Sulut ada sebanyak 3912 perusahaan dari skala mikro sampai besar yang sudah mendaftar di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Lanjutnya,  jumlah tenaga kerja sebagai peserta BPJS sudah sebanyak 89.211 orang.  Jumlah ini sudah termasuk PNS di Pemprov Sulut, Manado, Bitung, Sitaro dan Bolsel. 

“Kami mentargetkan tahun ini ada sebanyak 1332 peserta baru untuk perusahaan.  Namun dari data yang ada yang sudah mendaftar sebanyak 724 perusahaan  Atau dari target 163 ribu tenaga kerja yang terdaftar baru sebanyak 32 ribu peserta,” ungkap Harry yang juga dipercayakan sebagai Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bitung.

Harry menjelaskan dari jumlah perusahaan yang banyak mendaftar seperti dari perusahaan tambang dan perbankan.

“Semoga tahun ini, akan banyak perusahaan berbadan hukum seperti PT dan CV yang akan mendaftar.  Begitu pula toko-toko, warung, kios dan rumah makan menjadi target kami di tahun 2015 ini,” tutup Harry.  (jacky)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

01.35.00

0 komentar:

Posting Komentar