Iklan

Polisi Penyebab Terjadinya Macet Total Lalin Manado-Tomohon

Posted by Efraim Lengkong on Sabtu, 04 Juli 2015

Kendaraan Bermotor Terjebak Macet di Jembatan Tambulinas 
Tomohon, Identitasnews – Arus lalu lintas Manado – Tomohon khususnya memasuki kawasan jembatan Tambulinas, kini arus lalu lintas mulai terjebak macet.

Sejak dimulainya pekerjaan pembangunan jembatan pada satu bulan terakhir ini, di lokasi longsor yang terjadi Januari 2014 lalu, aktifitas lalu lintas mulai tersendat.

Namun sungguh berbeda yang terjadi pada Sabtu sore hingga malam hari (4/7), arus lalin mengalami macet total lebih dari 3 jam.

Berdasarkan pantauan di lapangan, arus lalu lintas dari arah Tomohon menuju Manado, yang biasanya melewati jembatan Tambulinas kini tidak bisa dilalui tetapi kendaraan dari arah Tomohon langsung belok ke kiri memasuki jalan kampung Tinoor dan nanti keluar lagi di kawasan Warembungan Tinoor.

Di pertigaan memasuki kampung Tinoor telah dipalang dan tertera petunjuk larangan untuk melewati jalan utama, tetapi kendaraan bermotor harus belok kiri masuk kampung.  Tertera papan info, sementara dalam perbaikan pembangunan jembatan, kendaraan harus belok kiri.
Dengan demikian tidak ada lagi arus kendaraan dari Tomohon untuk melewati jembatan Tambulinas.

Namun pada Sabtu sore suasana jauh berbeda.  Awal mula macet total dari menerobosnya kendaraan milik kepolisian yang diduga kendaraan dinas salah satu kapolres.

Raymond Telah warga Tomohon mengungkapkan  sempat melihat kendaraan dinas kapolres yang seenaknya saja tidak berbelok ke kiri masuk ke jalan kampung tetapi menerobos masuk melewati palang dilarang masuk.

“Kendaraan dinas milik polisi tersebut dengan enteng melewati jembatan Tambulinas.  Ini kan tindakan yng salah dan kurang terpuji.  Tidak heran puluhan kendaraan di belakangnya ikut juga melalui palang dilarang masuk.  Akibatnya, di jalan yang sempit dari arah Tomohon memasuki jembatan maupun setelah melewati jembatan, terjebaklah semua kendaraan sehingga mengalami macet total,”ujar Raymond.  

Sebab yang kedua terjadinya macet total, menurut Raymond yang juga sempat terjebak macet di kendaraan yang ditumpanginya, dikarenakan sejak macet pada sore hari hingga macet total tersebut tidak terlihat adanya aparat petugas kepolisian yang bertugas.

“Di mana peran polisi lantas Polres Tomohon.  So dua jam torang so takancing di macet mo lewat jembatan ndak dapa lia pa itu polisi. Nintau dorang ada di mana stou.  Nanti so ta prop bagini, so lama lei kong baru dorang muncul,” ujar Raymond dengan dialek Manado sambil kesal.

Karyawan swasta yang bekerja di Manado ini menegaskan, jika ada polisi di pintu palang dilarang masuk di pertigaan Tinoor tentu tidak akan mengalami macet total.

Aparat kepolisian nanti berada di jembatan Tambulinas maupun di pertigaan kampung Tinoor pada pukul 19.00.  Akhirnya kendaraan dari arah Tomohon menuju Manado, oleh polisi diarahkan untuk harus belok kiri melalui jalan kampung Tinoor.

Begitu pula di sekitar jembatan Tambulinas, polisi kelabakan mengatur padatnya kendaraan bermotor yang sudah terjebak macet dan tidak bisa lagi bergerak untuk jalan.

Ketika ada petuas polisi dan dibantu oleh masyarakat, arus lalu lintas dari arah Manado menuju Tomohon dapat lancar kembali walaupun masih berjalan lambat.  (jacky)  



Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

23.53.00

0 komentar:

Posting Komentar