HUT SHS
Headlines News :
Home » » MANALIP BUKA DIALOG ADAT DALAM HUT PORODISA KE - 13

MANALIP BUKA DIALOG ADAT DALAM HUT PORODISA KE - 13

Written By jhon simbuang on Kamis, 02 Juli 2015 | 20.07.00


Turut hadir Bupati Halmahera Utara (Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Nasional) bersama rombongan Pemerintah Tanah Galela

Talaud, Identitasnews.com - Dalam rangka memperingati HUT Daerah ke - 13 yang jatuh pada Kamis 01/07-15, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud melaksanakan Dialog Adat yang bertempat dipendopo Lapangan Sangkundiman Melonguane.

Acara dialog adat yang digagas Dewan Adat dan difasilitasi pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), dipimpin Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip Rabu (1/7)
Turut hadir Ir.Hein Namutemo Bupati Halmahera Utara (Halut) sekaligus Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Nasional bersama sejumlah rombongan Pemerintah Tanah Galela.

Dalam sambutanya Bupati Talaud mengawali dengan bahasa Talaud yang kental, dengan arti luas adalah penyambutan tetamu kehormatan atas kedatangannya di Bumi Porodisa.

 “Marambe sinangiang ratun Taroda wituing marena porodisa. Saya mengharapkan agar musyawarah adat ini dapat dilakukan dengan baik penuh dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan,” tuturnya.

Manalip yang merupakan bupati wanita pertama pilihan masyarakat Bumi Porodisa mengajak masyarakat terus meningkatkan semangat membangun daerah.

“Marilah kita sunguh-sunguh mencucurkan keringat kita matingka sahada, matingka wandu mangapia taroda (membangun talaud yang semakin cemerlang)mengejar ketertingalan dengan semangat suirenne suwaide sansiote sam pate-pate sangkundiman su paramaiaan,” kata Wahyumi.

Lebih lanjut bupati mengatakan, marambe sinangiang ratun taloda. “Tujuan adat ini pula telah menjadi visi pemimpin daerah saat ini mewujudkan masyarakat rukun dan damai bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme,” pungkas Wahyumi seraya menambahkan yang mana pelaksanaan adat ini berada pada momentum penting di saat semangat kita memperingati hasil perjuangan pendahulu. “Selamat merayakan HUT Kabupaten Talaud yang ke – 13 tahun, Tuhan Memberkati torang samua.(Nal)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD