Iklan

Lalin Manado-Tomohon Macet Total Lebih dari 3 Jam

Posted by Efraim Lengkong on Sabtu, 04 Juli 2015

Macet Total Arus Lalin Manado Tomohon
Tomohon, Identitasnews –Arus lalu lintas di ruas jalan Manado – Tomohon yang biasanya ditempuh selama 1 jam, tetapi pada Sabtu sore hingga malam (4/7) butuh waktu lebih kurang tiga jam.
Kemacetan total terjadi di jembatan Tambulinas Tinoor di sekitar lokasi terjadinya longsor pada Januari 2014 lalu.  Sedangkan ketika memasuki lokasi jembatan, kendaraan bermotor terjebak kemacetan total lebih dari dua jam.

Kemacetan arus lintas mulai terlihat sejak pukul 14.00. Puncak kemacetan total terjadi mulai pukul 16.00 sore hingga pukul 19.00 malam.

Arus kendaraan roda dua maupun roda empat hingga truk dari dua arah baik dari Manado maupun dari arah berlawanan dari Tomohon berdesakan padat merayap ketika memasuki jembatan Tambulinas dari dua arah yang berbeda.

Berdasarkan pantauan di lapangan puncak kemacetan arus lalu lintas terjadi pada Sabtu sore hingga malam hari.

Tumpukan kendaraan dari arah Manado terjebak dengan kecepatan nol kilometer atau bergerak sangat lambat bagaikan langkah kura-kura yang terlihat mulai dari kawasan Citraland Winangun hingga memasuki dan keluar jembatan Tambulinas.

Begitu pula dari arah Tomohon, kendaraan terjebak macet mulai dari kawasan Resting Area Kinilow hingga pertigaan jalan Tinoor sampai memasuki dan melewati jembatan Tambulinas.

Frangky Palar salah seorang sopir kendaraan yang melintasi ruas jalan tersebut mengungkapkan kemacetan ini terjadi  bersumber di lokasi jembatan Tambulinas Tinoor yang kini sementara dalam pembangunan kembali. 

“Memasuki lokasi jembatan baik dari arah Manado karena jalan menjadi sempit oleh aktifitas para pekerja di sekitar jembatan.  Begitu pula dari arah Tomohon dikarenakan jalan semakin sempit ketika memasuki jembatan oleh timbunan batu-batu  yang besar dari aktifitas alat berat buldozer dan eskavator yang sementara membongkar tebing bukit tersebut,” ungkap Frangky.

Menurut Frangky Palar, suasana macet seperti ini akan terus terjadi selama masih adanya aktifitas pembangunan jembatan Tambulinas.

Macetnya arus lintas mulai berkurang setelah pukul 19.00, setelah munculnya beberapa orang petugas kepolisian lantas Polresta Tomohon dalam mengatur lalu lintas.

Sementara itu, sejumlah kendaraan dari arah Manado menuju Tomohon yang tidak ingin terjebak macet memilih jalur jalan kampung Tinoor dengan langsung berbelok kanan.  Sedangkan lainnya yang terlanjur telah terjebak macet ke arah jembatan terpaksa memutar atau berbalik arah dengan melalui ruas jalan kampung Tinoor.  (jacky)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

23.07.00

0 komentar:

Posting Komentar