Iklan

Faperta Unsrat Siapkan Program Pertanian Vertikultur di Kota Manado

Posted by Efraim Lengkong on Rabu, 01 Juli 2015

Dr. Frangky Paat 
Manado, Identitasnews – Tantangan dari Pemerintah Provinsi Sulut agar pihak perguruan tinggi lahirkan konsep yang pro pembangunan masyarakat, bagaikan gayung bersambut.

Salahh seorang dosen di Faperta Unsrat Dr. Frangky Paat yang juga Ketua Panitia Dies Natalis ke 55 mengatakan pihaknya sanghat berterima kasih atas signal yang disampaikan oleh pemerintah. Menurut Frangky, saat ini pihaknya sudah menyiapkan program-program pembangunan pertanian pro rakyat.

Ketika ditemui di sela-sela acara dies natalis pada Selasa siang (30/6) di Manado, Dr. Frangky Paat mengungkapkan pihak fakultas maupun panitia saat ini sudah menyiapkan program pembangunan pertanian yakni ketahanan dan kedulatan pangan.

 “Kami namakan program ini adalah pertanian kota. Istilah kerennya adalah pertanian vertikultur yakni secara sederhana warga masyarakat dapat memanfatkan pekarangan mereka. Memang saat ini kami lebih fokus di kota Manado.  Warga dapat memanfatkan lahan pekarangan yang sempit untuk menanam tanaman dapur hidup. Ini program yang sangat sederhana,” ungkap salah seorang doktor termuda di Faperta Unsrat.

Frangky Paat menjelskan kota Manado yang terdiri dari 11 kecamatan dengan 87 kelurahan yang tersebar di 504 lingkungan, dapat merealisasikan program ini dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah atau pemerintah kota Manado.

“Oleh sebab itu salah satu kegiatan dalam rangka dies adalah pengabdian pada masyarakat.  Jika setiap keluarga dapat memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayur atau dapur hidup maka secara tidak langsung dapat menghemat anggaran rumah tangga. Saya ingat, salah seorang lulusan atau alumni sudah melaksanakan program sederhana ini yang memanfaatkan lahan pekarangan atau lahan tidur di kota Manado dengan menanam cabe. Hasilnya sangat menggembirakan baik produksinya maupun uang yang diperolehnya,” tutur mantan Ketua Senat Mahasiswa sewaktu masih menempuh kuliah di strata satu.

Paat menambahkan kegiatan ini dapat terukur di masyarakat. Selain itu program ini akan memperkuat ekonomi kerakyatan dan memperkuat ketahanan serta kedaulatan pangan di masyarakat. (jacky)    

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

02.03.00

0 komentar:

Posting Komentar