HUT SHS
Headlines News :
Home » , » Faperta Unsrat Rayakan Dies Natalis ke 55 Tahun

Faperta Unsrat Rayakan Dies Natalis ke 55 Tahun

Written By Efraim Lengkong on Rabu, 01 Juli 2015 | 00.17.00

Dies Natalis ke 55 Fakultas Pertanian Unsrat 
Manado, Identitasnews – Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado pada Selasa (30/6) di Graha HV Worang Gubernuran Bumi Beringin merayakan dies natalis ke 55 tahun.  Kegiatan dies natalis ini dibuka oleh Dr. Theogives Lasut selaku Ketua Senat Fakultas yang didampingi Dr. Atik Djarkasi Sekretaris Senat Fakultas.

Dalam dies natalis ke 55 tahun ini, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Jantje Pelealu menyampaikan laporan yang menggambarkan kegiatan akademik fakultas ini dalam satu terakhir.

Jantje Pelealu mengungkapkan saat ini fakultas yang dipimpinnya memiliki 5 jurusan masing-masing Budidaya Pertanian, Ilmu Tanah, Hama dan Penyakit Tanaman, Sosial Ekonomi Pertanian dan jurusan Teknologi Pertanian.  Selain itu memiliki 5 program studi seperti Agribisnis, Ilmu dan Teknologi Pangan, Teknik Pertanian, Ilmu Kehutanan dan Agroekoteknologi.

”Jumlah mahasiswa saat ini sebanyak 361 orang.  Pada tahun ini, mahasiswa yang lulus sebanyak 94 orang sarjana di mana dengan lama studi 3 sampai 4,9 tahun sebanyak 65 orang sedangkan 5 sampai 6,9 tahun sebanyak 23 orang.  Saya akui masih ada  sebanyak 6 orang sarjana yang lama studinya 7 tahun.  Mengenai indeks prestasi kumulatif dengan nilai 3,43,” ungkap Pelealu.

Jantje Pelealu mengungkapkan pula pada tahun 2015/2015 mahasiswa yang mendapat nilai cumlaude sebanyak 30 persen.

“Jumlah dosen saat ini sebanyak 194 orang terdiri dari 73 orang doktor, 113 magister dan masih ada 5 orang dosen lulusan strata satu.  Mengenai nisbah atau perbandingan dosen dengan mahasiswa adalah satu berbanding tujuh,” ungkap Pelealu.

Jantje Pelealu memaparkan pula bahwa di bidang penelitian pada tahun ini ada sebanyak 173 hasil penelitian. Sedangkan pihak fakultas memiliki lima jurnal ilmiah.

Dalam dies natalis ini, adanya orasi ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Lady Lengkey.  Bahkan dalam dies natalis ini pihak fakultas menerima kembali 11 orang dosen yang baru selesai meraih gelar doktor dan 2 orang yang meraih gelar magister.

Turut hadir dalam kegitan ini Kepala Dinas Kehutanan Provinsi  Sulut Herry Rotinsulu mewakili Gubernur, Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Unsrat Dr. Jemmy Posangi, sejumlah dosen, mahasiswa, alumni dan para pegawai.  

Ketua Panitia Dies Natalis ke 55 Dr. Frangky Paat sempat pula melaporkan sejumlah kegiatan yang menyemarakkan HUT Faperta Unsrat tahun ini.  (jacky)    
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD