Iklan

Bupati Talaud Lirik Peningkatan Hasil Sektor Pertanian

Posted by jhon simbuang on Jumat, 10 Juli 2015

Talaud, Identitasnews.com - "Semboyan saya takakan berhenti berlari sebelum melihat Talaud lebih baik lagi" ternyata bukan hanya retorika dan isapan jempol belaka yang dilontarkan bibir manis sang Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip SE. 


Kamis (09/7) Sri Wahyumi Maria Manalip terpantau bersama rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, bertolak menuju ke Desa Batumbalango Kecamatan Essang Selatan Kabupaten Talaud.

Kunjungan itu, merupakan Program Kunjungan Kerja Penanaman Perdana Komoditi PaJaLe (Padi, Jagung, Kedelai red-) milik Kelompok Tani Desa Batumbalango yang disponsori oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Talaud.
Daud Malensang selaku Kepala Dinas Pertanian yang memprakarsai kunjungan kerja (kunker) pemerintah, dalam sambutannya mengatakan pola bercocok tanam yang sering berpindah-pindah, jalan ke kebun yang tidak layak dan ketersediaan anggaran yang masih terbatas.
“Ada beberapa persoalan Petani di Talaud, yakni Pola bercocok tanam yang cenderung berpindah-pindah, kedua belum tersedianya Jalan yang layak untuk menuju ke kebun, tiga Ketersediaan anggaran yang masih terbatas. Sehingga jangan heran apabila Talaud masih jauh dari swasembada pangan,” ujar Malensang.
Lanjut kata Kepala Dinas berbakat yang baru 3 bulan menjabat ini, “Sebagai Kepala Dinas Pertanian, dirinya merasa malu ketika melihat datangnya produksi Holtikultural dari Minahasa, Bolmong dan Gorontalo dipasar-pasar Talaud.
”Pada kesempatan ini saya mengharapkan Dinas Pertanian mendapatkan alokasi anggaran yang besar di tahun 2016 nanti. Dan pada kesempatan ini saya berjanji kepada Bupati, saya bersedia mundur dari jabatan saya selaku Kepala Dinas Pertanian apabila dalam waktu 6 bulan setelah mendapatkan anggaran yang layak (di tahun 2016, red), Kabupaten Kepulauan Talaud belum mampu tampil sebagai daerah swasembada pangan,” tutup Malensang dengan berapi-api.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, SE mengapresiasi upaya kelompok tani desa Batumbalango ini. “Selaku Pimpinan Daerah, Manalip  mengapresiasi upaya Penanaman Perdana Padi, Jagung dan Kedelai dari Kelompok Tani Desa Batumbalango ini.
“Saya meminta Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kab. Kepl. Talaud untuk berupaya menumbuh kembangkan kelompok tani seperti ini di wilayah Talaud lainnya,” ujar Bupati.

Pengembangan Sektor Tanaman Pangan, lanjut bupati cantik yang cekatan itu, merupakan salah satu strategi kunci dalam memacu pertumbuhan ekonomi pada masa yang akan datang.
“Selain berperan sebagai sumber penghasilan, Tanaman Pangan juga merupakan sumber Ketahanan Pangan Nasional. Oleh karena itu Pemerintah berharap akan peran penting Petani dalam menggerakkan dan mengembangkan penanaman Padi, Jagung, Keledai dan yang lain. Pemerintah Daerah akan terus berupaya mengawal dan memperhatikan usaha kelompok tani seperti ini, dengan terus memberi bantuan berupa peralatan bertani, pupuk, tractor, hand tractor serta mengalokasikan anggaran yang lebih besar ditahun 2016. Semoga Penanaman Perdana ini dapat diikuti oleh kelompok tani yang lain demi menjadikan Talaud sebagai daerah swasembada pangan,"tandas Manalip.(Nal)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

15.47.00

0 komentar:

Posting Komentar