HUT SHS
Headlines News :
Home » » Tomohon Miliki Lembaga Penyelesaian Sengketa Konsumen

Tomohon Miliki Lembaga Penyelesaian Sengketa Konsumen

Written By Efraim Lengkong on Kamis, 25 Juni 2015 | 23.49.00

Personil BPSK Kota Tomohon 
Tomohon, Identitasnews - Kota Tomohon akhirnya memiliki lembaga penyelesaian sengketa konsumen.

Hal ini terbukti dengan telah dilantiknya Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen atau disingkat BPSK  Kota Tomohon.

Johanis Sampul salah seorang anggota BPSK kota Tomohon pada Kamis pagi (25/6) di Tomohon mengungkapkan BPSK Tomohon  dibentuk berdasarkan keputusan Menteri Perdagangan RI  nomor 106/M-DAG/KEP/2/2015 tertanggal 18 Februari 2015.


“BPSK Tomohon terdiri dari sembilan anggota yang  terdiri dari unsur pemerintah, konsumen dan pelaku usaha.  Kami sudah dilantik oleh walikota berdasarkan SK yang dikeluarkan oleh Menteri Perdagangan RI,” tutur Sampul.


Johanis Sampul mengatakan pula tugas BPSK  antara lain adalah melaksanakan penanganan dan penyelesaian sengketa konsumen.

“Caranya melalui mediasi atau arbitrase atau konsiliasi serta memberikan konsultasi perlindungan konsumen. Oleh sebab itu, kepada warga atau siapa saja entah  konsumen ataupun pelaku usaha yang merasa dirugikan, agar dapat menyampaikan keluhannya kepada BPSK kota Tomohon,”ujar Sampul.

Sementara itu, menurut Doni Klise salah seorang anggota lainnya dari unsur pelaku usaha mengungkapkan selama ini sudah ada beberapa kasus yang sudah masuk kepada BPSK.

“Namun kami belum memprosesnya berhubung masih menunggu keputusan Menteri Perdagangan tentang pengangkatan Sekretariat. Kepada warga yang akan menyampaikan pengaduannya dapat menghubungi kantor BPSK kota Tomohon  dengan alamat Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Tomohon di jalan raya Woloan Tomohon,’ ujar Doni.

Doni Klise menjelaskan pula, dari laporan yang masuk harus diregistrasi terlebih dahulu oleh Sekretariat BPSK.  (jacky)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD