Iklan

Panwaslu Manado Lalai. Adanya Sanggahan Warga, 1 Anggota Panwascam Gagal Dilantik Terkait Parpol

Posted by Efraim Lengkong on Sabtu, 27 Juni 2015

Sjanne Walangarei
Manado, Identitasnews – Ada yang terasa janggal atau aneh dalam acara pelantikan Anggota Panwascam Se Kota Manado pada Sabtu sore (27/6) di Aula Pemkot Manado.

Dari sebanyak 33 orang anggota Panwascam yang akan dilantik sesuai SK yang dikeluarkan Ketua Panwaslu Manado, ternyata hanya 32 orang yang dilantik.  Sedangkan 1 orang anggota Panwascam, belum sempat dilantik.

Padahal yang bersangkutan sudah mendapat undangan pelantikan dan hadir dalam acara tersebut.  Sewaktu gladi bersih digelar, beberapa saat sebelum acara pelantikan dimulai, tiba-tiba anggota Panwascam dengan inisial LM tidak diikutsertakan dalam pengucapan sumpah janji.

Ketua Panwaslu Kota Manado Sjanne Walangarei mengakui ada 1 orang Anggota Panwascam yang belum sempat dilantik.

“Maksud saya bukan tidak dilantik, tetapi pelantikannya ditangguhkan dulu.  Karena ada laporan atau sanggahan dari masyarakat, yang menyatakan yang bersangkutan terlibat dalam keanggotaan partai politik,” tutur Walangarei.

Sjanne mengungkapkan ke depan, pihaknya akan melakukan penelitian mengenai benar tidaknya yang bersangkutan terkait dengan keanggotaan partai politik.

“Karena Anggota Panwascam pun harus netral dan bersih dari keanggotaan dan kepengurusan partai politik. Panwaslu bukan teledor atau lalai. Nantinya ke depan, kami akan menggelar rapat pleno untuk mengambil keputusan apakah yang bersangkutan boleh dilantik atau tidak,” ujar Walangarei.

Ketika ditanya identitas Anggota Panwascam ini, Ketua Panwaslu tidak bersedia mengungkapkannya.

“Saya mohon maaf soal nama dan dari Panwascam di kecamatan mana, saya tidak etis untuk menyampaikannya. Namun demikian, kami bukan teledor sehingga Panwaslu kota meloloskan yang bersangkutan sebagai Anggota Panwascam.  Kami tegaskan, Panwas Manado tidak disusupi oleh orang parpol.  Terus terang, kami baru mengetahuinya menjelang sesaat sebelum pelantikan, karena adanya sanggahan dari masyarakat,” ungkap Sjanne.    

Sjanne Walangarei menjelaskan bahwa yang bersangkutan belum atau tidak diperkenankan untuk mengikuti bimbingan teknis sebagai Anggota Panwascam yang digelar mulai Sabtu sore selama beberapa hari di salah satu hotel di kawasan Jl. Jenderal Sudirman Manado.  (jacky) 


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

21.37.00

0 komentar:

Posting Komentar