HUT SHS
Headlines News :
Home » » Ormas Adat MInahasa Unjuk Rasa ke Pemkot Manado

Ormas Adat MInahasa Unjuk Rasa ke Pemkot Manado

Written By Efraim Lengkong on Senin, 15 Juni 2015 | 22.53.00

Manado, Identitasnews -    Menyusul adanya kebijakan dari pemerintah kota Manado untuk membangun graha wisata religi di kawasan kampung Texas di pusat kota 45 Manado, kini mendapat kontra dari sejumlah ormas adat di tanah Minahasa.

Hal ini terbukti sejumlah ormas lembaga adat yang tergabung dalam Aliansi Makapetor pada Senin siang (15/6) di Manado melakukan unjuk rasa di depan kantor walikota Manado.

Dalam unjuk rasa yang diikuti oleh lebih dari 200 orang pengunjuk rasa menamakan diri tuntutan mereka Tou Minahasa Menggugat.  Ada tiga hal yang menjadi tuntutan dari Aliansi Makapetor yaitu pertama kembalikan fungsi lahan eks kampung Texas sebagai taman wisata religi.

“Tuntutan yang kedua adalah segera dipercepat pembangunan taman wisata religi.  Sedangkan tuntutan yang ketiga adalah segera membongkar bangunan yang tidak sesuai peruntukkannya,” sebut mereka yang dituangkan di atas baliho aksi unjuk rasa.

Sekjen Garda Totozik Marvil Rondonuwu mengatakan aksi yang dilaksanakan ini merupakan unjuk rasa damai.

“Kami tidak ingin anarkis dalam  melakukan unjuk rasa.  Lihat saja unjuk rasa yang kami lakukan  ini mendapat pengawalan dari aparat kepolisian,’ ujar Marvil.
 
Namun sangat disesalkan, aksi yang dilakukan di depan kantor walikota selama hampir satu jam justru walikota Manado Vecky Lumentut tidak mau menemui pengunjuk rasa.  Setelah memberikan batas waktu selama 30 menit untuk bertemu dan berdialog dengan walikota, namun tidak kunjung datang, mereka akhirnya pengunjuk rasa meninggalkan kantor walikota dan menuju ke kantor DPRD Manado.

Aksi unjuk rasa dari Aliansi Makapetor diikuti oleh sejumlah ormas lembaga adat Minahasa antara lain seperti Waraney, Brigade Manguni, Manguni Esa, Garda Totozik dan Makatana Minahasa.

Adapun aksi unjuk rasa ini sudah merupakan aksi yang kedua kalinya dilaksanakan.  Aksi sebelumnya dilaksanakan pada akhir Maret 2015 dengan mendatangi kantor walikota Manado. (jacky)  
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD