HUT SHS
Headlines News :
Home » » Masih Minim Realisasi Pajak Rumah Kost di Manado

Masih Minim Realisasi Pajak Rumah Kost di Manado

Written By Efraim Lengkong on Rabu, 24 Juni 2015 | 01.01.00

Ricky Pesik

Manado, Identitasnews- Hingga medio Juni 2015, pajak rumah kost yang masuk ke kas daerah masih sangat minim.

Kepala Bidang Pajak Dinas Pendapatan Daerah kota Manado Ricky Pesik pada Selasa sore (23/6) di Manado mengakui, hingga medio Juni 2015 realisasi pajak rumah kost masih sangat minim.

“Kami akui di Manado saat ini banyak tumbuh rumah atau tempat kost. Baru sebagian yang sudah didata.  Namun dari jumlah tersebut, baru separoh yang sudah membayar pajak.  Kalau tidak salah jumlah rumah kost di kota Manado yang sudah kami data tidak mencapai seribu unit.  Baru ratusan rumah kost yang kami data,”diakui Pesik.

Ricky Pesik menjelaskan pajak rumah kost yang ditagih adalah sebesar lima pesen dari omzet uang sewa rumah kost pada setiap bulannya.

“Itu pun sesuai ketentuan Perda Nomor 2 Tahun 2011,  rumah kost yang dikenakkan pajak adalah yang memiliki lebih dari sepuluh kamar. Khusus rumah kost di kawasan kampus yang dihuni mahasiswa, tidak dikenai pajak.  Rumah kost yang komersial itulah yang kami tagih pajaknya,” tutur Ricky Pesik.

Ricky menjelaskan ke depan pihaknya akan turun ke lapangan melalui tim pendataan yang dibentuk.

“Kami setiap tiga bulan ada rakor evaluasi mengenai PAD.  Di forum inilah akan dievaluasi termasuk pajak rumah kost,” ujar Pesik.

Ricky Pesik menambahkan pajak rumah kost masuk dalam nomenklatur pajak hotel.

“Tahun ini target pajak hotel sebesar 18 miliar rupiah.   Hingga medio  Juni 2015, realisasinya sudah mencapai delapan miliar rupiah.   Sudah mencapai 44 persen dari target.  Kami menghimbau dan berharap ada pengertian dan kerja sama dari para pengusaha rumah kost dan hotel dalam memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak,”himbau Pesik.  (jacky) 
   
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD