Iklan

Kualitas Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Manado Semakin Baik

Posted by Efraim Lengkong on Sabtu, 20 Juni 2015

Jeane Rey
 
Manado, Identitasnews – Para pelajar Sekolah Menengah Pertama se kota Manado pada hari Jumat (19/6) menerima laporan akademik atau raport.

Kepala SMP Negeri 1 Manado Jeane Rey mengatakan penerimaan raport ini bagi siswa kelas 7 dan kelas 8. 

“Khusus kelas 7 diterima oleh 604 orang siswa dan kelas 8 diterima oleh 648 siswa.  Dari jumlah tersebut ada terdapat siswa-siswa untuk kelas akselerasi yang terdiri dari 25 siswa kelas 7 dan 38 orang siswa kelas 8,” ujar Jeane.

Jeane Rey mengakui pada tahun ajaran 2014/2015 kali ini masih ditemui adanya siswa yang tidak naik kelas. 

“Saya mau katakan, sebenarnya mereka yang tidak naik kelas adalah siswa yang keberhasilannya tertunda.  Hasil rapat dewan guru ada sebanyak lima orang yang tidak naik kelas.  Masing-masing tiga orang siswa kelas 7 dan dua orang siswa kelas 8 yang belum berhasil naik kelas pada tahun ini,” tutur mantan Kepsek SMP Negeri 6 Manado.

Namun demikian Jeane Rey mengakui, jika dibandingkan dengan tahun  ajaran sebelumnya 2013/2014 jumlah siswa yang tidak naik kelas sudah semakin menurun. 

“Pada tahun lalu  siswa yang tidak naik kelas ada sebanyak sembilan orang.  Berarti kuantitas siswa yang kurang berhasil  sudah semakin menurun.  Artinya kualitas akademik atau hasil belajar siswa-siswa di sekolah ini sudah semakin baik.  Begitu pula dengan hasil kerja para guru dalam mengajar juga semakin baik,” ujar Jeane Rey.

Sementara itu wakil kepala sekolah bidang umum Salmon Rosang mengungkapkan penilaian hasil belajar para siswa tidak hanya ditentukan oleh kualitas ilmu pengetahuan.

“Tetapi  juga ditentukan oleh karakter dan sikap. Jadi ada tiga hal yang menjadi penilaian hasil belajar siswa selama satu semester.  Karena ada siswa yang tidak naik kelas dikarenakan tingkat pengetahuan di atas rata-rata tetapi karakter dan sikap yang kurang bagus,” ujar mener Salmon sapaan akrabnya.
    
Berdasarkan pantauan di lapangan pada Jumat siang (19/6) aktifitas di kawasan ruas jalan SMP Negeri 1 Manado dipadati oleh lebih dari seribu orang tua murid yang mengambil raport anak mereka.  Praktis saja ruas jalan di sepanjang SMPN 1 Manado, arus lalu lintas mengalami macet dan terhambat.  (jacky)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Berita Terkait

00.34.00

0 komentar:

Posting Komentar