HUT SHS
Headlines News :
Home » » Gunung Api Lokon Masih Status Siaga

Gunung Api Lokon Masih Status Siaga

Written By Efraim Lengkong on Kamis, 04 Juni 2015 | 23.44.00

Tomohon, Identitasnews - Hingga minggu pertama Juni 2015 status gunung api lokon masih pada level tiga atau tingkat siaga.

Menurut pengamat gunung api lokon Ferry Rusmawan pada Kamis(4/6) status siaga tersebut tidak pernah diturunkan sejak tahun 2011. Gunung api lokon tergolong gunung api yang aktif.

“Dengan status siaga ini konsekwensinya sampai dengan radius 2,5 km dari kawah gunung api lokon maka tidak diperkenankan adanya aktifitas warga.  Termasuk aktifitas pertanian maupun pertambangan,” ujar Ferry.

Ferry Rusmawan menambahkan di luar radius 2,5 km warga diperkenankan melakukan aktifitas seperti biasanya. Namun demikian, dihimbau warga untuk tetap waspada terhadap bahaya erupsi yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

“Dari data yang ada sudah lebih dari seribu kali terjadinya erupsi selama empat tahun terakhir ini. Selain itu pula adanya aktifitas kegempaan yang tinggi oleh gempa vulkanik dan hembusan semburan asap,” ungkap Ferry.

Oleh sebab itu pihaknya setiap enam jam selalu menginformasikan ke kantor pusat mengenai aktifitas gunung api lokon. Dan nanti dari kantor pusat vulkanologi menyampaikannya kepada pemerintah daerah setempat. 

Adapun aktifitas pertanian dan pertambangan galian c oleh warga berada di kaki gunung lokon dalam radius 2,5 km tepatnya berada di Kakaskasen dan Kinilow. Sedangkan pada radius 3 km ada sebanyak 800 kepala keluarga.

Seperti diketahui erupsi terakhir gunung api lokon ini terjadi pada 20 Mei 2015 lalu yang mengeluarkan semburan awan panas. (jacky)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD