HUT SHS
Headlines News :
Home » » BP POM Manado Sidak di Lapangan, Lakukan Uji Screening Fisik & Warna

BP POM Manado Sidak di Lapangan, Lakukan Uji Screening Fisik & Warna

Written By Efraim Lengkong on Kamis, 25 Juni 2015 | 23.15.00

Johnny Dera 
Manado, Identitasnews – Inspeksi mendadak yang dilakukan pemerintah kota Manado bersama Balai Besar Pengawas Obat & Makanan (BP POM) Manado sudah dapat diketahui secara dini aman tidaknya makanan layak untuk dikonsumsi.

Kepala Bidang Pengujian Pangan & Bahan Berbahaya BP POM Manado Johnny Dera pada Kamis siang (25/6) di ruang kerjanya mengatakan pengujian terhadap makanan dapat dilakukan di lapangan dengan cara screening.

“Screening ini secara teknis adalah petugas di lapangan mengambil sampel makanan yang kita curigai berbahaya.  Hal ini dapat kita lihat dengan dua cara yaitu pada bentuk tekstur fisik makanan dan warnanya,” ujar Johnny yang juga pelaksana harian Kepala BP POM Manado.

Johhny Dera menjelaskan sampel yang diambil tersebut dapat diuji apakah makanan yang dijual itu keras atau tidak. 

“Jika seandainya keras diduga ada kandungan borax.  Sedangkan jika ditemukan warnanya merah atau kuning, untuk melihat ada tidaknya zat pewarna yang berbahaya,”tutur Johnny.

Seandainya sampel yang diuji tersebut ditemukan adanya bentuk fisik atau warna yang berbahaya, menurut Johnny Dera, tindakan selanjutnya akan dilakukan pengujian di laboratorium.

Berdasarkan pantauan di lapangan pada Kamis sore (25/6), khusus dalam pengujian di lokasi sidak, pihak BP POM juga menyediakan kendaraan laboratorium untuk pengujian screening. (jacky)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Redaksi | Layanan Iklan | Hubungi Kami
Copyright © 2013 - All Rights Reserved
Hosting by Manado Web Hosting Publikasi by Identitas Team
Kreasi by MWD